Cerdas dalam Beribadah

Hari-hari terakhir Ramadhan ini, adalah babak final dengan momen-momen penentuan, siapakah di antara kita yang akan keluar sebagai pemenang meraih predikat hamba-hamba Allah yang sejati.

Untuk itu, kecerdikan dalam beribadah sangat diperlukan demi raihan pundi-pundi pahala yang lebih banyak dan melimpah di penghujung Ramadhan ini. Salah satunya adalah dengan banyak-banyak mengucapkan doa dalam al-Quran berikut ini:

(رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِين…)

“Wahai Rabb kami, ampunilah aku, ampuni kedua orang tuaku, ampuni dan orang-orang beriman…” [Surat Ibrahim 41]

Doa tersebut, mengumpulkan 4 substansi ibadah sekaligus:

1. Berdoa,
2. Beristighfar,
3. Berbakti pada orang tua,
4. Berbuat ihsan pada orang-orang mukmin.

Maka ketika mengucapkan doa tersebut, tanamkan niat -karena Allah- di hati untuk menjalankan keempat jenis ibadah tersebut, karena akan ada pahala yang berbeda dari setiap niat soleh yang kita ikrarkan di hati, sekalipun niat-niat itu berkumpul pada satu amalan yang sama.

وإنما لكل امرئ ما نوى

“…dan bagi setiap orang, akan mendapat balasan atas -setiap- apa yang ia niatkan” [Bukhari-Muslim]

Luar biasa..!! Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Demikianlah ibadahnya orang-orang yang berilmu. Sekalipun beramal sedikit, namun raihannya sangat melimpah. Apalagi jika amalannya banyak.

Jika tulisan ini bermanfaat, mohon sebarkan pada keluarga dan kerabat tercinta, agar raihan pahala semakin mengguyur lebat, lagi…, dan lagi.

____

***
Penulis:
Abu Ziyan Jo Saputra Halim
(Pimpinan Redaksi Alhujjah)

Leave a Comment