Sungguh hati kita harus senantiasa diingatkan akan tauhid. Coba renungkan kisah Musa ‘alaihissaläm dalam membebaskan Bani Isräil dari penindasan Fir’aun. Bani Isräil melihat langsung mukjizat-mukjizat besar dari Alläh. Yang terakhir—menjelang kebinasaan Fir’aun—, mereka melihat laut terbelah dengan mata kepala mereka. Namun apa yang terjadi setelah mereka diselamatkan Alläh…?? Begitu cepat tauhid mereka lupakan. [lih. Tafsïr as-Sa’di: 302]. al-Qur’än mengabarkan:

“Dan Kami seberangkan Bani Isräil ke seberang lautan itu, maka setelah mereka sampai kepada suatu kaum yang tetap menyembah berhala mereka, Bani lsräil berkata: “Hai Musa. buatlah untuk kami sebuah tuhan (berhala) sebagaimana mereka mempunyai beberapa tuhan (berhala)”. Musa menjawab: “Sesungguh-nya kamu ini adalah kaum yang jahil”. [QS. Al-A’räf: 138]

Jika demikian cepat Bani Isräil bisa melupakan tauhid, padahal mereka telah melihat langsung mukjizat besar Nabi mereka, maka bagaimana lagi dengan keadaan kita yang belum pernah melihat mukjizat Nabi, juga belum pernah menemani dan melihat Nabi..?? Apakah kita bisa terjamin dari melupakan tauhid…?? Tentu kita lebih beresiko untuk meninggalkan tauhid. Untuk itulah tema-tema tauhid harus selalu kita kaji.

***

Segenap amal yang tidak berdiri di atas tauhid dan akidah yang benar, hanyalah sia-sia. Sedikitpun tidak akan mendatangkan manfaat yang berarti bagi pelakunya. Tidak di dunia, tidak pula di akhirat.
“Dan Kami hadapkan segala amalan yang mereka kerjakan, lalu Kami jadikan musnah seperti debu yang berterbangan.” [QS. Al-Furqän: 23].

Dalam ayat tersebut, Alläh tidak menafikan keberadaan amal kebaikan yang pernah mereka lakukan di dunia. Amalan mereka ada. Namun semua itu sia-sia. Gara-gara amal tersebut tidak di atas tauhid, tidak dipersembahkan sebagai ketaatan hanya untuk Alläh semata-mata. [lih. Mukhtashar Tafsïr Ibn. Katsïr: 2/629].

Ancaman musnahnya amalan ini, bahkan Alläh arahkan kepada kekasih-kekasih-Nya yang Dia cintai dari kalangan Nabi dan Rasul, tidak terkecuali kekasih-Nya yang paling istimewa, Muhammad r:

“Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu. “Jika kamu berbuat syirik (dengan beribadah kepada selain Alläh di samping juga kepada Alläh), niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi.” [QS. Az-Zumar: 65]

Jika hamba-hamba pilihan semisal Nabi dan Rasul masih diingatkan dan diwanti-wanti oleh Alläh dari kesyirikan (sebagai pambatal tauhid), maka manusia selain mereka tentu lebih butuh mendapat peringatan akan pentingnya tauhid dan bahayanya syirik.

Itulah sebabnya mengapa seluruh Rasul memfokuskan dakwahnya pada tauhid, bahwa hanya Dia semata yang berhak diibadahi dengan segenap macam ibadah yang haq. Seseorang belumlah dikatakan bertauhid jika hanya shalat untuk Alläh, puasa, zakat, dan haji karena Alläh, namun di saat yang sama dia masih menyembelih kurban untuk selain Alläh (kepada jin, kuburan keramat, dukun, dll).

“Sungguh Kami telah mengutus seorang Rasul pada setiap ummat, yang menyerukan; ‘Sembahlah hanya Alläh semata, dan jauhi thagüt (yaitu kesyirikan, segala sesuatu yang diibadahi selain Alläh).” [QS. An-Nahl: 36].

***

Begitu takutnya Nabi kita yang mulia dari kesyirikan yang bisa menimpa ummatnya, hingga sampai menjelang wafat pun, Nabi tetap mengingatkan akan tauhid dan mewanti-wanti bahaya kesyirikan. Jundub bin ‘Abdilläh al-Bäjili radhiallähu’anhu meriwayatkan bahwa lima hari sebelum wafatnya, Rasülulläh r sempat bersabda:

“Sungguh orang-orang sebelum kalian telah menjadikan kuburan-kuburan para Nabi dan orang-orang shalih mereka sebagai masjid. Ketahuilah, jangan sampai kalian menjadikan kuburan-kuburan sebagai masjid, sungguh aku benar-benar melarang kalian dari hal tersebut.” [Shahïh Muslim: 532]

Khalïlulläh Ibrähïm ‘alaihissaläm bahkan menginginkan anak turunannya senantiasa dijauhkan dari kesyirikan sepeninggalnya. Do’a beliau berikut ini terabadikan dalam al-Qur’än:

“Yä Rabb, jadikanlah negeri Makkah ini aman, dan jauhkanlah aku berikut anak keturunanku dari penyembahan pada berhala-berhala.” [QS. Ibrähïm: 35]

Dalil-dalil di atas menunjukkan betapa tauhid senantiasa mendapatkan perhatian yang besar oleh para Nabi dan Rasul, tidak hanya sepanjang hidup mereka, tapi juga setelah kehidupan mereka berakhir di dunia.

***

Ceramah-ceramah motivasi yang kosong dari nilai-nilai tauhid dan penghambaan pada Alläh, cenderung melahirkan amalan musiman dari kaum egois; yang hanya bangkit beramal jika melihat ada manfaat duniawinya semata, jika tidak, amalannya pun akan terhenti, dan tak lagi berkesinambungan.

Di sinilah pentingnya kita selalu mengkaji tauhid. Karena dengan tauhid, hati akan selalu tentram dalam keyakinan dan keistiqomahan. Amalan mereka–yang tidak pernah bosan mengkaji tauhid–selalu ada dan berkesinambungan, sekalipun sedikit. Maka saat kita merasa tak lagi istiqomah dalam suatu amalan, besar kemungkinan hati kita sudah lama kering dari siraman-siraman kajian bertema tauhid.

Ibnul Qayyim (wafat: 751-H) rahimahulläh dalam kitabnya Madärij as-Sälikïn, memaparkan bahwa istiqomah itu mencakup 5 unsur. Dan unsur yang pertama dan utama adalah tauhid. Beliau mengatakan:

الأول: إفراد المعبود سبحانه وتعالى بالإرادة، من الأفعال والأقوال والنيات وهو الإخلاص

“Unsur pertama istiqomah adalah; mengesakan Alläh subhänahu wa ta’äla dalam kehendak, perbuatan, ucapan, dan niat. Itulah keikhlasan.”
Intinya, keistiqomahan akan kokoh dengan kokohnya tauhid, dan akan melemah seiring melemahnya tauhid. Untuk itulah tauhid harus senantiasa dikaji.

***

Saat kita merasa bahwa kajian-kajian tentang tauhid dan akidah sudah mulai membosankan, maka di saat itulah kita harus menuduh hati kita. Pasti ada sesuatu yang salah dengannya. Karena hati, ibarat pepohonan, butuh mutlak pada akar dan pokok batang yang sehat untuk bisa tumbuh, lalu berkembang. Kedudukan tauhid dan akidah pada hati, seperti kedudukan akar dan pokok batang pada pepohonan. Tauhid dan akidah yang rusak, ibarat akar dan pokok batang yang rusak. Tauhid dan akidah yang terlupakan, laksana akar dan pokok batang pohon yang terlupakan pula. Untuk itulah tauhid dan akidah harus senantiasa kita kaji dan kita amalkan, tanpa ada batas akhir.

“Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik [yakni: kalimat tauhid] seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit ** pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Tuhannya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat.” [QS. Ibrähïm: 24-25].

***

Oleh: Abu Ziyan Johan Saputra Halim​

Yuuk, berbagi kebaikan. Download dan share buletin terbaru alhujjah.com:

https://app.box.com/s/e3e0x7xavlzzezj2g5j9tv9jl0dfz6md